Senin, 08 Juli 2013

Perbedaan Monitor CRT Dengan Monitor LCD



Sekilas tentang perbedaan antara monitor CRT dengan monitor LCD adalah pada hasil tampilan gambar, tetapi ada hal lain yang juga menjadi keunggulan dari jenis monitor LCD yaitu jumlah konsumsi daya yang diperlukan dan juga  harganya. Berikut penjelasan singkat tentang kedua jenis monitor tersebut :


Pada monitor CRT ( catode ray tube ) mempunyai berat yang lebih besar, hasil tampilan di layar memanfaatkan tegangan tinggi pada bagian horizontal dan power supply , sehingga dari segi efisiensi daya, jenis monitor CRT memerlukan konsumsi daya yang lebih besar. Disamping kekurangan tersebut ada satu kelebihan dari monitor ini yaitu mempunyai daya tahan lebih lama daripada jenis monitor LCD.

Sedangkan monitor LCD ( Liquid Cristal Display ) menggunakan rangkaian analog untuk menerjemahkan sinyal menjadi gambar. Sehingga hasil tampilannya lebih jelas, tajam dan tidak mudah merusak mata. Selain itu, jenis monitor ini memerlukan konsumsi daya yang lebih kecil, sehingga lebih hemat listrik. Sedangkan kelemahan dari monitor LCD adalah harganya yang jauh lebih  mahal dan mempunyai daya tahan yang lebih rendah dari jenis monitor CRT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar